Sabtu, 31 Agustus 2013

Review Novel: The Chronicles of Audy: 4R


Judul : The Chronicles of Audy: 4R
Penulis : Orizuka
Penerbit : Penerbit Haru
Tahun Terbit : Juli 2013
Jumlah Halaman :  320 halaman
Harga :  Rp. 53.000
ISBN :  978-602-7742-21-5




“Ah, soal ibuku tadi, sedikit banyak aku bisa menebak apa yang sedang terjadi dirumah. Mereka pasti benar-benar sedang tidak punya uang untuk membayar ongkosku, makanya meraka melarangku pulang. Sedih memang, tapi aku tak berdaya melawan kenyataan pahit bahwa keluargaku termasuk kurang beruntung.”

Setelah melawati perjuangan panjang, Audy tak perlu mengulang mata kuliah yang ia ambil  karena nilai IPKnya sudah membaik dan ia bisa memulai menulis skripsi. Sayangnya keberuntungan  hanya mampir sebentar pada Audy, Ibunya yang tinggal di Serang mengabari bahwa keluarganya sedang dilanda kesulitan keuangan, ayahnya berkali-kali ditipu investasi bodong dan uangnya tak pernah kembali.

Belum lagi Audy belum membayar uang kos selama tiga bulan dan terpaksa akan diusir ibu kos. Sebenarnya Audy punya sahabat baik, namanya Missy , dia rela Audy tinggal berdua di kosnya dan membayari uang kuliah Audy. Audy yang tak enak hati meminjam uang ke Missy akhirnya mengurungkan niatnya untuk meminta bantuan Missy.

Audy punya keinganan kuat untuk segera menyusun skripsi dan lulus kuliah. Akhirnya ia mengambil cuti kuliah dan mencari pekerjaan.

Hingga akhirnya ia menemukan iklan lowongan pekerjaan yang tidak membutuhkan syarat-syarat tertentu. Yap! Babysitter! Berbekal keyakinan bahwa menjadi Babysitter tidak membutuhkan keahlian khusus dan tidak terlalu sulit.

“Aku mudur teratur. Rasa ngeri merayapi tubuhku, memikirkan kemungkinan yang bisa terjadi kalau aku nekat bekerja dirumah ini. Apakah akan terjadi kekerasan dalam rumah tangga? Trafficking? Paranormal Activity?”

Audy akhirnya pergi melamar ke rumah yang membutuhkan Babysitter, kesan pertama ketika ia sampai rumah itu, angker dan tidak terurus. Sampai pemilik rumah, Regan, lelaki tampan yang memasang iklan lowongan pekerjaan sekaligus kakak tertua dalam keluarga itu menyambutnya dengan ramah yang membuat Audy semakin bersemangat untuk bekerja di rumah itu.

Rumah itu berisi Regan, kakak tertua yang bekerja di Law Firm, yang mewajibkan Audy untuk menandatangi kontrak kerja yang bagi Audy isinya kayak silabus perkuliahan anak Fakultas Hukum. Karena yang tertangkap oleh pikiran Audy hanya ‘gaji yang bisa dibayar di muka’ dan gaji yang cukup untuk membayar uang tunggakan kos-kosanya serta menabung untuk biaya kuliahnya, Audy memutuskan untuk menandatangani kontrak kerja tersebut.

Gak disangka yang disebut bayi yang akan dijaganya ternyata bukan seorang bayi, melainkan anak kecil berumur 4,5 tahun yang sifatnya terlalu dewasa dan terlalu pintar untuk anak seumurnya, namanya Rafael. Kemudian anggota keluarga lain dirumah itu ada Romeo, hobinya main game bareng adiknya, Rafael, orangnya jarang mandi, keluar kamar kalau cuman makan, atau nemenin adiknya sesekali main game, selebihnya cuman tidur. Kemudian ada Rex, dia masih berumur 17 tahun, tapi sikapnya dewasa dan tidak banyak bicara, hari-harinya diisi dengan belajar dan belajar.

Tak disangka pekerjaan Audy tidak hanya untuk menjaga Rafael, melainkan melakukan pekerjaan rumah tangga! Mulai dari bersih-bersih rumah, mengepel, cuci piring, cuci baju, memasak, dan serentetan  pekerjaan rumah tangga lainnya.

Setelah lama-kelamaan Audy terbiasa dengan pekerjaanya dan sifat
pribadi 4R ( Regan, Romeo, Rex dan Rafael) ia mulai menganggap mereka keluarga dan peduli terhadap masalah-masalah mereka.

Baca kisah selengkapnya di The Chronicles of Audy: 4R :)

Ketika tahu novel Kak Orizuka yang terbaru terbit, aku langsung sms kios buku langgananku untuk pesan novel ini, karena sejauh ini aku sangat menyukai novel-novel Kak orizuka yang pernah aku baca sebelumnya, tanpa melihat rating di Goodreads terlebih dulu. Tapi sayangnya, setelah novel ini ku beli justru aku sedang gak mood untuk membaca, dan alhasil novel ini muter dulu dipenjem temen-temenku. Baru tadi pagi pas di sekolah dikembalikan setelah lama dipinjam-pinjam, dan pas iseng-iseng baca di sekolah, aku gak bisa berhenti bacanya!

Sebenarnya novel ini lebih mengambil tema kekeluargaan daripada romance, namun tetap saja ada sedikit unsur romancenya untuk mempermanis cerita. Awalnya aku mengira 4R itu umurnya sebaya dan Audy tinggal di rumah itu untuk menjadi pembantu mereka (Maklum, jarang baca sinopsis di belakang novel) ternyata mereka ini saudaraan dan yatim piatu pula. Nanti ceritanya semakin kebelakang akan membuka latar belakang empat saudara itu, dan twist-twist menarik yang tidak terduga.

Ohiya, aku juga menyukai semua karakter 4R yang ada di novel ini sampai bingung untuk memilih salah satu dari mereka. Bagiku mereka memiliki sifat yang berbeda-beda dan memiliki daya tarik sendiri-sendiri,  jadi aku putuskan untuk menyukai mereka semua saja! *Maruk*, haha.


Ini pertama kalinya aku beli novel dari penerbit Haru, karena selama ini aku belum pernah membeli dari terbitan Haru, padahal novel-novel terjemahan Koreanya sepertinya bagus-bagus, tapi aku selalu tergiur untuk membeli novel lain terlebih dahulu. Tampilan novel ini sungguh menarik, pinggiran novel yang biasanya mengikuti warna kertas dibuat berbeda dengan diberi warna pink pake glitter meling-meling gitu, sehingga mempercantik novel ini. Dan ide pembatas buku yang bergambar salah satu tokoh 4R+1A  juga menarik, di setiap novel yang dicetak, pembatas bukunya beda-beda, yang diberikan kepada kita secara random. Kalau aku dapat karakter Romeo, lucu juga gambarnya, dia rambutnya dikucir gitu, cute deh.

Overall aku sangat menyukai novel ini. Karakter-karakter tokoh yang unik, jalinan cerita yang apik dan keterkaitan emosi para tokoh yang mengaharukan,  intereaksi antar tokoh yang menarik dan perpaduan humor yang baik membuatku tidak segan-segan memberi rating lima di Goodreads. Aku tidak sabar membaca lanjutan novel ini, semoga di novel selanjutanya Romancenya lebih diperbanyak dan Skripsi Audy cepet kelarnya, haha. Selamat membaca!

0 komentar:

Posting Komentar

 

KHAIRUNISA'S BLOG Template by Ipietoon Cute Blog Design