Kamis, 15 Agustus 2013

Review Drama: Gu Family Book


Details:
Judul: Gugaeiseo/Ancient Medical Book/The writtings of Nine Houses/Book Of The House Gu
Genre: Fantasi, melodrama, Historical, romance
Jumlah episode: 24
Brodcast network: MBC
Periode Tayang: 8 April sampai 25 Juni 2013
Menggantikan: Horse Doctor
Director: Shin Woo Chul, Kim Jung Hyun (Gentleman’s Dignity, Secret Garden, City Hall)
Screenwritter: Kang Eun Kyung (Baker King, Man of Honor, Dal Ja’s Spring)



Cast and  Short description:

Lee Seung Gi menjadi Choi Kang Chi
Karena  sudah dirawat sejak kecil oleh Tuan Park, ia selalu melindungi keluarga tersebut. Cinta pertamanya adalah anak Tuan Park, Chung Joo. Awalnya ia belum mengetahui kalau dirinya setengah siluman. Ditakdirkan bersama Yeo wool, namun disarankan oleh biksu untuk menghindari takdir itu.
Bae Suzy menjadi Dam Yeo Wool
Orang yang selalu disisi Kang Chi, bahkan setelah mengetahui kalau Kang Chi setengah siluman. Berpakaian seperti laki-laki dan pandai menggunakan pedang, hal ini membuat Kang Chi tidak tahu kalau Yeo wool ternyata perempuan. Meghiraukan takdir buruk yang dikatakan oleh biksu walau keselamatanya terancam.
Yoo Yeon Seok sebagai Park Tae Seo
Anak pertama Tuan Park, ia kena pengaruh hipnotis Jo Gwan Woong sehingga menyalahkan kematian ayahnya pada Kang Chi. Mencoba sekuat mungkin untuk melindungi adik perempuanya.
Lee Yoo Bi sebagai Park Chung Jo
Sebenarnya ia juga cinta sama Kang Chi tapi sayangnya ia harus dinikahkan sebagai alasan politik. Namun Joo Gwan Woong yang menyukainya menggagalkan pernikahanya. Kisah hidupnya sedikit mirip dengan ibu Kang Chi.
Sung Jon sebagai Gon
Pengawalnya Yeo Wool, walaupun ia terkesan membenci Kang Chi tapi ia selalu membantu Kang Chi ketika kesusahan.
Lee Yeon Hee sabagai Yoon Seo Hwa
Ibu Kang Chi memiliki penyesalan terdalam dalam hidupnya, yaitu menjadi penyebab kematian Wol Ryung. Ia tidak ingin anaknya kesepian seperti ayahnya. Ada twist menarik yang di tampilkan tokoh ini, ikuti terus saja setiap episodenya.
Choi Jin Hyuk sebagai Goo Wol Ryung
Makhluk penjaga gunung ini jatuh cinta pertamakali setelah ratusan tahun hidupnya dengan Seo Hwa,  istrinya mengkhianatinya tanpa tahu tulus cintanya. Bahkan Wol Ryung sudah mencoba melakukan ritual untuk berubah menjadi manusia.
Jo sung Ha sebagai Dam Pyeong Jon
Ia merupakan ayah Dam Yeo Wol sekaligus ketua perguruan(maaf lupa nama perguruanya) kesalahan masa lalunya adalah membunuh orang yang tidak bersalah, orang itu adalah ayah Kang Chi (Bakal seru lho ini nantinya) namun setelah ia keluar dari kepolisian ia membantu Kang Chi dan Jenderal Lee Soon Shin dalam menghadapi Jo Gwan Woong.
Eom Hyo Seop sebagai Park Moo sol
Ayah Chung Jo dan Tae so. Ia pemilik penginapan seribu tahun yang baik hati, sehingga disegani penduduk kota. Meninggal karena di bunuh Joo Gwan Woong tapi gwan woong menyebarkan isu bahwa yang membunuh adalah Kang Chi, sehingga Kang Chi dibenci seluruh penduduk kota
Yoo Dong Geun sebagai Lee Soon Shin
Ia adalah Jenderal angkatan laut Joseon dan pencetus ide kapal Kura-kura. Ia banyak membantu Kang Chi menghadapi Jo Gwan Woong.
Lee Sung Jae sebagai Jo Gwan Woong
Tokoh antagonis, troublemaker dua generasi. Perusak hubungan ibu dan ayah kang chi setelah itu merusak kehidupan keluarga Kang Chi. Ia merupakan asisten menteri, sehingga sok berkuasa.
Kim Hee Won sebagai Biksu Sojung
Teman dekat Wol Ryung. Sekaligus yang memperingatkan yeo wool untuk menjauhi Kang Chi.
Jung Hye Young sebagai Cheon Seo Ryun
 Kepala gisaeng di Choonhwagwan(anehnya wajahnya gak pernah tua lho walau hidup sejak ibu kang chi masuk Choonhwagwan sampai Chung Jo juga masuk Choonhwagwan) walaupun kesanya rada jahat, aslinya tokoh ini banyak membantu lho, tonton aja di episode-episode terakhir, hehe.


  
Review:

 Yoon Seo Hwa dijual sebagai gisaeng (Wanita Penghibur) setelah ayahnya, Wakil Menteri Yoon dieksekusi karena dijebak sebagai pengkhianat negara. Namun  ia tidak pasrah begitu saja, Seo Hwa tetap keukeuh tidak mau masuk ke Choonhwagwan (Rumah bagi para Gisaeng) hingga akhirnya ketua gisaeng, Cheon Soo-Ryun mengikatnya di pohon rasa malu dalam keadaan telanjang, sampai ia mau masuk ke Choonhwagwan. Berhari-hari sudah Seo Hwa diikat di pohon rasa malu, ia tetap tidak menyerah  mempertahankan harga dirinya. Ketua gisaeng menyerah menghadapi Seo Hwa dan memaksanya membawa masuk ke Choonhwagwan.

Tak sampai disitu penderitaan Seo Hwa. Jo Gwan-Woong, orang yang mengeksekusi ayahnya, menginginkan tidur denganya setelah ia menjadi gisaeng. Mengetahui hal itu Seo Hwa melarikan diri ke hutan bersama adiknya. Seo Hwa hampir saja di tangkap, tetapi ia di tolong oleh Wol Ryung, makhluk mitos penjaga gunung.

 Yoon Seo Hwa akhirnya tinggal berdua dengan Wol Ryung di Taman Sinar Rembulan dan menikah  dengan Wol Ryung. Tetapi Seo Hwa belum mengetahui siapa sebenarnya Wol Ryung. Wol Ryung yang selama seribu tahun belum pernah mencintai seorang wanita pun juga mencintai Seo Hwa dan ia rela melakukan apa saja untuk menjadi manusia. Wol Ryung harus berdoa selama seratus hari dan harus menjalani tiga pantangan, bila selama seratus hari ia melanggar pantangan, ia tidak akan menjadi manusia dan berubah menjadi iblis selama seribu tahun.


 Kepala Polisi Dam Pyung Joon di tugasi oleh Jo Gwan-Woong untuk menangkap Gumiho/mahkhlus mitos yang ada di hutan. Kepala polisi Dam Pyung Joon tidak tahu kalau sebenarnya ia dimanfaatkan Jo Gwan-Woong untuk membawa kembali Yoon Seo Hwa. Singkat cerita Yoon Seo Hwa akhirnya mengatahui siapa sebenarnya Wol Ryung dan ia  sangat ketakutan dan membenci Wol Ryung. Karena ia sudah menampakan wujudnya didepan manusia, otomatis ia sudah tidak bisa menjadi manusia dan ia harus membunuh Yoon Seo Hwa yang telah mengkhianatinya. Sayangnya ia tidak sanggup membunuh Yoon Seo Hwa dan malah terbunuh oleh pedang milik Kepala Polisi Dam Pyung Joon.

Kupikir bayi monster akan lahir, jadi aku berencana membunuhnya. Itulah pengalaman menyedihkan. Manusia itu lemah sekali. Makhluk bodoh yang hanya merasa menyesal setelah kehilangan hal yang berharga. Jangan memaafkan gadis sepertiku. Aku menahan cintaku sampai mati. Dan bahkan aku berusaha membunuh putranya. Jangan memaafkan gadis sepertiku. Aku akan membawa semua kesalahan ini bersamaku. Tolong lindungi anak ini. Jangan sampai hidupnya menyedihkan dan kesepian seperti Wol Ryung. Bantu ia hidup layaknya manusia pada umumnya.

 Akhirnya Yoon Seo Hwa melahirkan anaknya dengan Wol Ryung dan meninggalkanya pada biksu So Jung, setelah itu ia pergi membunuh Jo Gwan-Woong tetapi ia sendiri yang terkena pedang dan akhirnya meninggal

Meskipun kisah cinta menyedihkan antara Gu Wol Ryung dan Seo Hwa berakhir, legenda lainya baru saja dimulai

Anak yang dilahirkan oleh Seo Hwa akhirnya di hanyutkan ke sungai oleh biksu So Jung dan ditemukan oleh Tuan Park yang kemudian mengadopsinya. Anak itu diberi nama Choi Kang Chi. Setelah mengadopsi Cho Kang Chi, Semua yang dilakukan Tuan Park sukses besar. Kini ia menjadi pemilik Penginapan seribu tahun yang memiliki seribu pelayan serta puluhan kamar dan rumah tamu. Pengunjungnya tidak hanya dari delapan provinsi Joseon saja  melainkan dari seluruh penjuru dunia. Dua belas kamar penyimpananya penuh dengan emas dan perak.

Kini Kang Chi sudah dewasa, ia menyukai  anak Tuan Park, namanya Park Chung Jo. Sayangnya istri Tuan Park tidak setuju karena ia melihat asal-usul Choi Kang Chi yag tidak jelas.
 Dam Yeo Wol sedang cemas kalau nantinya dia tidak akan mendapatkan jodoh karena ia berpakaian seperti pria dan pandai menggunakan pedang, ia berpikir tidak akan ada laki-laki yang akan tertarik padanya. Tapi tiba-tiba biksu So Jung mendatangi Yeo Wol dan mengatakan bahwa Yeo Wol akan segera bertemu jodohnya, tetapi biksu menyuruhnya menghindari takdir ini jika ia menginginkan nasibnya akan berubah baik. “Jika saat bulan sabit muncul tepat diatas pohon persik, itulah pertanda buruk bagimu. Jika kau bertemu seseorang di sana kau harus menghindarinya, bagaimanapun caranya.” Pesan Biksu So Jung.

Saat Tuan Park sedang pergi menemui Dam Pyun Joon, istrinya memanfaatkan kesempatan ini untuk mengusir Kang Chi. Kang Chi yang sedang di kejar-kejar suruhan istri Tuan Park akhirnya ditolong oleh Dam Yeo Wol dan Gon. Yeo Wol hampir saja terkena tusukan pedang suruhan istri tuan park tapi kegesitan Kang Chi menolong Yeo Wol. Takdir mereka berdua di mulai dari ini.

Diantara kalian, mungkin ada yang mati. Itulah sebabnya kau harus menyerah terhadapa Yeo Wool. Tinggalkan dia. -Biksu Sojung-

Penginapan Seratus tahun kedatangan tamu rombongan Joo Gwan Woong (masih inget? Dia yang ngejar2 Yoon Seo Hwa di episode 1 dan 2)  yang akan menginap, sayangnya kamar di penginapan seratus tahun sudah penuh. Kedatangan Joo Gwan Woong sebenarnya tidak hanya untuk menginap saja tapi memmpunyai maksud tertentu, yaitu mengambil alih penginapan seribu tahun terlebih lagi Joo Gwan Woong tertarik dengan anak perempuan Tuan Park. Joo Gwan Woong yang terkenal kejam ketika ia menginginkan sesuatu, mulai membuat ulah dengan keluarga Tuan Park, untungnya ada Kang Chi dan Yeo Wol yang membantu. Tapi masalah tidak dengan mudahnya terpecahkan, Kang Chi yang mulai menginjak umur dua puluh tahun sudah mengetahui identitas aslinya yang ternyata adalah manusia setengah siluman yang nantinya ia dikucilkan oleh warga desa. Bisakah Kang Chi mengatasi masalah-masalah yang mendatanginya dan melindungi orang-orang yang ia cintai? Dan bagaimana dengan takdirnya bersama Yeo Wool? Tonton lanjutanya sendiri ya di Drama Gu Family Book.

Uhh... akhirnya selesai juga saya bikin reviewnya.Sebenarnya saya udah bikin review ini beberapa episode sebelum GFb tamat, tapi ya dasarnya saya males ngelanjutin, jadi baru kelar sekarang. Maaf ya kalo ada sedikit spoiler. Saya memutuskan untuk menonton drama ini karena ada Suzy, drama Suzy yang sebelumnya saya tonton adalah Dream High dan Big. Ternyata di drama ini Suzy aktingnya tambah manteb, terutama pada detil mimik wajahnya, cuman yang disayangkan waktu adegan pelukan, beberapa kali tangan Suzy agak kaku dan terkesan ragu. Walau begitu chemistry antar Suzy dan Lee Seung Gi tetep dapet banget!

Uniknya, ini kedua kalinya Lee Seung Gi main drama dengan tema Gumiho. Tahun 2010 ia pernah bermain drama dengan tema yang sama berjudul My Girlfriend is Gumiho bersama Shin Min Ah. Kalau di MGIG dia jadi pacarnya Gumiho di GFB dia jadi gumihonya. Yang membedakan drama ini dengan dengan MGIB adalah latar waktu GFB mengambir latar waktu antara abad 18-19an lah, yang bisa dibilang masuk kategori drama saeguk kali ya? Soalnya di drama ini ada nyrempet-nyrempetnya sama sejarah. Yaitu dibuatnya kapal kura-kura yang bersejarah untuk menghalau serangan dari Jepang oleh Jendral Lee Soon Shin. Bahkan di drama ini jendral Lee Soon Shin ini deket banget sama Kang Chi.

Ohiya Drama ini ternyata sudah tayang di Indosiar setiap hari senin sampai jumat jam setengah empat. Kalo saya sih enakan nonton pake suara asli tanpa dubbing, lebih mantap gitu. Apalagi adegan ciuman Kang Chi sama Yeo Wool pasti di sensor, haha.

Overall, saya puas nonton drama ini, story line yang apik, castnya oke-oke, soundtracknya masih sering saya denger setiap hari yang  bikin saya susah move on  dari drama ini. Ending yang tidak mengecewakan menurut pandangan saya. Pokoknya saya gak rugi waktu dan uang mengikuti drama ini. Akhir kata, Selamat menonton!

Spoiler review dan spoiler ending Gu Family Book bisa dilihat disini.


Favorite Quote Gu Family Book


Menjalani hidup demi mendapat pengakuan orang lain itu munafik.

Bagaimana kau bisa menghalangi perasaan seseorang terhadap orang lain? Bagaimana kau bisa menghentikan angin yang berhembus? Yang kita lakukan bukanlah mengadili dan ikut campur dalam urusan anak muda. Kita harus membuat caranya, sehingga mereka bisa menuju kearah yang lebih baik.

Beberapa orang mungkin memperlakukan para gisaeng sebgai gadis rendahan yang menjual tubuh mereka dan minuman keras. Tapi aku sama sekali tidak berpikir begitu, ada banyak kesempatan untuk belajar hal-hal yang unik, dan mencapainya.

Entah kau setengah manusia atau bukan, dia mungkin tak peduli dengan penampilan luarmu. Dari dalam kau tetaplah Choi Kang Chi. -Dam Yeo Wool-

Semua orang bisa mati. Beberapa menikmati kehidupan yang lebih lama sebelum mati, yang lainnya mati muda karena sakit. Kau mungkin tahu hari lahirmu, tapi tak seorangpun di dunia ini tahu kapan tepatnya kita akan mati. -Dam Yeo Wool-


Capture Drama Gu Family Book












Download Drama GFB and Subtitle:
Pahe atau Medium Quality (Harus register dulu)
Subtitle: Link 1|LInk 2
Daftar Soundtracks Drama Gu Family Book:
Part 1: Isabel-My Eden 
Part 8:4men-Only You 



3 komentar:

 

KHAIRUNISA'S BLOG Template by Ipietoon Cute Blog Design