Rabu, 01 Mei 2013

SUDDENLY SUPERNATURAL: HANTU DISEKOLAH

Suddenly Supernatural: Arwah di Sekolah

Judul: Suddenly Supernatural: Arwah di sekolah
Penulis: Elizabeth Cody Kimmel
Penerjemah: Barokah Ruziati
Tahun terbit: 2012
Jumlah halaman: 207
Harga: Rp. 35.000
ISBN: 9789790244672
My rating: 4 of 5 stars














  Aku rasa aku bisa saja bertindak tegas. Aku bisa mengatakan pada ibuku bahwa dia mengahancurkan hidupku, melukaiku secara emosional selama tahun-tahun awal  remaja yang sangat penting, dan hampir menjamin bahwa aku akan menjalani tahun-tahun penuh terapi di masa mendatang. Aku bisa saja mengatakan semua itu. Aku bisa menutut supaya dia melupakan jati dirinya selama lima atau sepuluh tahun kedepan, belajar sedikit soal MTV, membaca terbitan cosmo sesekali, pokoknya menyesuaiakan diri dengan zaman. Aku bisa memintanya untuk meninggalkan para arwah. Mengabaikan saja permohonan mereka. Dan mengenal ibuku, dia mungkin bersedia mencobanya. Tetapi itulah masalahnya, mengenal ibuku.



Itulah perasaan Kat, remaja perempuan yang duduk dikelas tujuh smp. Ibunya seorang medium (tugasnya membantu para arwah yang gentayangan agar kembali ke akhirat dengan tenang. Caranya dengan menyelesaikan urusan para arwah didunia yang belum selesai,  karena merekakan sudah mati dan tentu saja orang mati tidak bisa menyelesaikan masalah yang ada di dunia,  mereka butuh medium atau perantara untuk menyelesaikanya). Kat merasa malu dan minder mempunyai ibu seorang medium, sehingga ia sulit sekali memulai pertemanan dengan orang lain.

Saat itu Kat hampir saja berteman dengan Shoshanna Longabarrow, cewek  populer di sekolahnya. Tapi kegiatan supernatural ibunya menghancurkan pertemanan  Kat dengan Shoshana. Ketika Shoshanna berkunjung kerumah Kat untuk mendiskusikan tugas kelompok , serangkaian pengalaman supernatural dialami Shoshanna, mulai dari suhu rumah Kat yang tadinya biasa saja menjadi mendingin, suara lengkingan arwah yang sedang berkomunikasi dengan ibu Kat, dan aroma-aroma aneh lainya. Akhirnya Soshanna pergi meninggalkan Kat dan keesokan harinya berita tentang keanehan rumah Kat tersebar di sekolah, cewek-cewek yang biasa mengitari Shoshana selalu menatap dengan wajah yang seolah-olah meremehkan setiap melewati  Kat.

Kesendirian Kat gak berlangsung lama, setelah itu ia berkenalan dengan Jac-Jacqualine si gadis cello pindahan dari New York. Beberapa kali Jac bahkan membantu Kat menghadapi gadis-gadis populer yang mengganggu Kat. Tapi masalahnya Jac belum tahu kalau ibu Jac seorang mediator. Ia takut kalau Jac tahu ia akan menjauhi Kat  seperti yang dilakukan Shoshana dulu.

Tapi bukan itu saja masalah Kat, beberapa hari setelah ulang tahunya yang ke-13, Kat juga mulai melihat arwah-arwah. Puncaknya ketika Kat sedang  diperpustakaan, mengerjakan tugas biologi dengan Jac. Si gadis berpakaian kuno dan berkepang dua menatapnya lekat-lekat dan mengusili mereka berdua dengan menjatuhkan buku beberapa kali.

Kekhawatiran Kat kalau ia akan ditinggalkan Jac karena ia seorang medium ternyata salah besar. Ketika mereka berdua menceritakan rahasia masing-masing dan Kat berkata jujur kalau ia bisa melihat arwah, Jac justru menganggap hal  itu keren dan merupakan bakat yang luar biasa.
Hingga akhirnya mereka berdua bekerjasama untuk mencari tahu kenapa arwah si gadis berkepang, yang belakangan mereka ketahui bernama Suzanne Bennis masih bergentayangan di perpustakaan sekolah, mereka mencari tahu apa yang membuat arwah  Suzanne Bennis masih tertahan didunia.

Kira-kira apa ya yang membuat arwah Suzanne Bennis tertahan di dunia? Dan apa keterlibatan Mrs. Wittencort, pelatih cello Jac atas kematian Suzanne Bennis ? karena beberapa tahun setelah kematian Suzanne,  Mrs. Wittencort membuka beasiswa sekolah musik untuk mengenang kematian Suzanne Bennis, padahal kan Suzanne Bennis bukan  seseorang yang terkenal dan berjasa di bidang musik. Berhasilkah Kat menjadi perantara Suzanne untuk menuntunya ke akhirat? Dan  apa rahasia Jac tentang Cello besarnya itu? Baca kisah selangkapnya di Suddenly Supernatural: Arwah di Sekolah.


Baca novel ini seru, walau novel ini  bisa dibilang bergenre horor tapi saya gak merasa merinding atau ketakutan setelah membacanya:)  dibuku ini belum ada bumbu-bumbu cinta dan tetep menarik dengan kisah persahabat antara Kat dan Jac.

Aku begitu lega akhirnya Kat punya sahabat yang mengerti dia dan mau membantu dia. Aku jadi gak sabar untuk baca buku selanjutnya, pengin lihat gimana petualangan seru Kat dan Jac untuk membantu arwah-arwah. Mengingat yang satu seorang mediator yang satu gadis biasa tapi pemberani, bener-bener duo yang unik deh. Untuk terjemahanya sendiri enak dibaca kok dan mudah dimengerti. Buku ini recommended untuk dibaca, apalagi untuk penggemar bacaan yang berbau mediator;)



View all my reviews @Goodreads

0 komentar:

Posting Komentar

 

KHAIRUNISA'S BLOG Template by Ipietoon Cute Blog Design