Minggu, 04 Maret 2012

Review novel : DAN HUJAN PUN BERHENTI

PERHATIAN!!! POSTINGAN INI MENGANDUNG SPOILER!!!



Judul buku: Dan hujan pun berhenti
Penulis: Farida susanty
Penerbit: GRASINDO
ISBN : 9797597091
Harga: Rp.51.500-,



review saya:
Kasih pujian dulu kali yah sama yang desain cover, keren banget dan backgroundnya yang hitam menggambarkan novel ini secara keseluruhan, serta gantungan teru-teru bozunya sebagai pencegah hujan(kepercayaan orang jepang sih gitu:D).

Makasih buat Acha larasati yang udah mau minjemin novelnya, seru banget lho. Banyak yang bilang karakter di novel ini(red:leostrada) nanggung ,emmh katanya sih cowok bengal kok takut hujan, haha. Dan di novel ini banyak labilnya , khas remaja banget mulai dari tawuran , kata-kata kasar sampai masalah keluarga yang berantakan. Si leostrada ini gak mempercayai semua orang, dianggapnya orang-orang yang disekitarnya itu munafik dan bertopeng. Ia hanya percaya Iris, pacarnya, sayangnya Iris mati ketabrak. Gak ada lagi deh orang yang leo percaya.

Sampai akhirnya muncul karakter Spiza, orang yang mau bunuh diri karena ia udah melakukan kesalahan besar.waktu Spiza mau bunuh diri , Leo yang nolongin dan leo menganggap Spiza ini reinkarnasi dari Iris, mulailah Spiza dan Leo berteman  ,yang pada akhirnya leo ngaggep Spiza pengkhianat karena nggak ngasih tau kalau Spiza yang udah nabrak Iris. Walau novel ini dark banget dan banyak capscloknya(menggambarkan karakter yang sedang emosi atau teriak2,haha) endingnya bahagia kok, dan keluarga leo kembali utuh seperti dulu, yang penasaran selamat membaca ya

sinopsis yang saya ambil dari blog penulis

"Hei! Kenapa menggantungkan itu?"
"Biar hujan nggak turun."
"Memangnya kenapa kalau turun?"
"Aku akan keburu mati sebelum aku bunuh diri."
"Kamu mau bunuh diri?"
"Ya, asal nggak hujan."
"..."

Itulah line pembuka yang mengisi halaman pertama buku ini. Line penting yang berpengaruh besar terhadap takdir tokoh-tokohnya, yang tentu saja berkaitan dengan hujan.Adalah Leo, seorang anak SMA yang baru saja dipukuli, yang tiba-tiba saja melihat seorang gadis yang sedang menggantungkan teru-teru bozu--penangkal hujan--di pohon sebelahnya. Ia, saking herannya, tanpa sadar bertanya pada gadis itu tentang apa yang sedang gadis itu lakukan. Dan gadis itu berkata ia melakukannya untuk persiapan bunuh diri!

Sebenarnya Leo ingin melupakannya; dia terlalu skeptis untuk mengurusi orang lain. Sejak ia kabur dari rumah setelah kepergian teman pertamanya, Leo sudah tidak peduli lagi pada apapun. Ia sudah permanen memakai topeng tersenyum di wajahnya, menghasilkan imej maya itu--dirinya yang cuek, enerjik, sinis, liar, dan brutal. Sesuatu yang ia pakai di permukaan agar tampak bahagia selalu, menutupi keantisosialannya yang tersembunyi dalam dirinya. Kebencian dan ketidakpercayaannya pada dunia.

Tapi Leo ternyata benar-benar tidak bisa mengabaikannya. Ia bertemu dengan gadis itu lagi di kamar mandi sekolahnya, saat gadis itu sedang mencoba bunuh diri! Leo awalnya enggan untuk menyelamatkan gadis itu. Tapi setelah percakapan singkat sebelum kematian gadis itu, ternyata sesuatu berjalan di luar rencananya: gadis itu ternyata mirip dengan teman pertamanya...

Disadarinya atau tidak, di sanalah semuanya berubah. Di sanalah titik balik segala masalah Leo. Yang akan mengorek kembali masa lalunya, maupun masa lalu gadis itu. Yang akan mengusik sisi-sisi mereka yang terdalam. Yang membenturkan secara brutal apa-apa yang selama ini mereka percayai. Menghasilkan hubungan "benci-terikat" yang kompleks, yang tidak bisa Leo hindari. Segala rasa sakit, rasa hangat, kasih sayang, kebencian, dan pengkhianatan, mewarnai penuh hubungan rapuh mereka. Baik antara Leo dengan gadis itu, Spiza, maupun dengan orang-orang di sekitar mereka. Yang mengubah jalan hidup mereka selamanya.

Dan di atas segalanya, hanya satu yang bisa Leo pegang,yaitu dirinya dan Spiza, adalah orang-orang yang sama-sama tidak bahagia, dan sama-sama membenci hujan.Dan hanya itulah yang bisa mereka mengerti bersama, tanpa bisa dibagi pada dunia.


6 komentar:

  1. Menarik nih plotnya, cari pinjeman ahhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya . bagus loh walau gak cocok buat anak dibawah lima belas tahun karna banyak kta kasar:D

      Hapus
  2. blognya bagus :D
    checkout blog aku yahhh thankyou sweet<3

    BalasHapus
  3. Gambar yang ada di covernya mengingatkan aku sama wallpaper Bliss yang ada di Windows XP :D

    BalasHapus

 

KHAIRUNISA'S BLOG Template by Ipietoon Cute Blog Design