Kamis, 09 Mei 2013

Review Novel: Before The Last Day


Before The Last Day

Judul : Before The Last Days
Penulis : Lexie Xu, Retni Sb, Irena Tjiunata, Valleria Verawati, Felis Linanda, Vincentia Natalia, Regina Feby, Catz Link Tristan, Delia Angela, Glenn Alexei, Eva Sri Rahayu, Alexander Blue, Lorythai Chai, Dadan Erlangga,  Erlin Cahyadi dan Teresa Bertha.
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Desember 2012
Jumlah Halaman :  320 halaman
                             Harga :  Rp. 45.000
                             ISBN :  978-979-22-9086-8
                             My rating: 3 of 5 stars

Before The Last Day merupakan kumpulan cerpen yang terdiri dari 16 cerita yang masing-masing cerita ditulis oleh penulis yang berbeda. Kumpulan cerita pendek ini mengisahkan beragam cerita mengenai pembunuhan, pengkhianatan, penglihatan, Kebencian, ketakutan, kesedihan dan kebahagian. Walau setiap cerita berbeda tetapi masih dengan tema yang sama, yaitu cerita-cerita dari tokoh utama menjelang hari kiamat.





Keinginan Terakhir (Lexie Xu)
Daftar keinginan terakhir Feby di bucket list sudah hampir dilakukan semua, tinggal satu keinginan Feby yang belum ia lakukan sebelum kiamat, yaitu menyatakan cinta dengan Christoper teman sekolahnya. Alih-alih akan menyatakan cinta, Feby justru diminta bantuan untuk menyembunyikan mayat oleh Christoper. Berhasilkah Feby menyatakan cinta sebelum kiamat datang? Baca sendiri lanjutanya di novelnya, hihi.

Peramal Kopi (Retni Sb)
Setelah Megie resign dari kantor lamanya ia menjalani pekerjaan sebagai peramal kopi
jadi-jadian di coffe magic, kedai kopi milik Rio teman bersepedanya. Coffemagic dan Megie seolah jadi pasangan tak terpisahkan dari kegiatan ngopi dan meramal di kedai    itu. Walau pengunjung di Coffemagic ramai dan orang yang diminta meramal juga banyak, anehnya mereka percaya saja dengan ramalan megie yang kebetulan benar-benar terjadi.  Megie lelah dengan pekerjaanya sebagai peramal boongan, karena mulai munculnya gambar-gambar buruk dari ramalan kopinya dan begitu lelahnya ia di tanya apakah kiamat akan datang pada tanggal 21 Desember 2012 atau tidak.

Ramalan (Irena Tjiunata)
Samantha yang punya hobi baca segala ramalan mulai dari zodiak, shio, dan ramalan sejenis lainnya. Hingga suatu saat ia didatangi nenek bermata seputih susu dan memakai jubah hitam, mengatakan bahwa akan ada perkabungan di rumah sam. Sam yang sangat percaya terhadap ramalan mulai kalut dan menyelidiki siapakah kira-kira orang terdekatnya yang akan meninggal. Pertama ia mengira omanya, tapi setelah ia menelepon omanya, tidak ada tanda-tanda dan aura yang menandakan kalau omanya akan meninggal. Kedua papa dan mamanya, lagi-lagi gak ada aura yang menunjukan kalau beliau berdua akan meninggal. Ketiga, sahabatnya, Chika, itupun gak terlalu mengarah ke Chika. Dan terakhir Kevin, cowok yang lagi deket sama sam, terlebih lagi si nenek mengatakan hal tentang perkabungan dua kali disaat Sam habis pulang dari jalan bareng Kevin. Kira-kira  bener gak ya ramalan nenek-nenek itu, dan perkabungan seperti apa yang akan dialami samantha?


Before The Day (Valleria Verawati)
Bicara baik-baik. Ternyata hanya itu kunci untuk keluar dari semua permasalahan yang menderaku. Begitu mudah sebenarnya. Namun gengsi dan ego membuat bicara baik-baik menjadi hal sulit untuk dilakukan.
Cerpen ini menceritakan keraguan Cleo yang akan menikah dengan pacarnya, Evan. Pacarnya yang tadi logis berubah menjadi ingin segera menikah sebelum kiamat. Evan menentukan tanggal pernikahan, dan bersikap hal lainnya yang membuat Cleo menjadi kesal dan ragu untuk.menikah. Hingga akhirnya mereka menikah ternyata Cleo dikejutkan dengan sesuatu yang menyentuh hatinya di hari pernikahanya.

Five Days To Say I Love You (Felis Linanda)
Syafa yang diam-diam menyukai Ziko, cowok dari ekskul sepakbola yang keren dan tentunya jago.main sepakbola. Anehnya udah sering banget Syafa mimpiin Ziko ketabrak mobil waktu mereka ketemuan  pada tanggal 21 desember 2012. Hari saat kiamat diramalkan. Selang beberapa hari secara gak sengaja Syafa berteduh bersama Ziko ditempat pos satpam yang sama. Akhirnya mereka jadi akrab deh, dan Ziko berjanji  akan menemui Syafa dan memberkanya sesuatu tepat tanggal 21 desember 2012. Kira-kira bakal kejadian nyata gak ya mimpi-mimpi Syafa?

Prasangka (Vincentia Natalia)
Aldi mersa gerah dengan berita berita  ramalan kiamat yang akan terjadi pada tanggal 21 desember 2012. Ramalan tersebut mulai berpengaruh pada orang-orang disekitarnya. Teman-teman kantornya terlihar murung bahkan ada beberapa teman Aldi yamg keluar dari kantor untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga sebelum hari kiamat datang. Bahkan istrinya sendiri pun juga gelisah dengan hari kiamat. Ia mulai suka menangis dan melamun hingga aldi dan anaknya terlantar.

Kotak Ajaib Penyelamat Dunia (Regina Feby)
Dinda terpaksa harus terjebak di dalam perpustakaan bersama Salsa, cewek yang sangat dibenci Dinda dan juga Tristan cowok yang hobi ngusilin Dinda dan yang menyebabkan mereka semua dihukum di perpustakaan untuk merapikan buku hingga Bu Rita sengaja mengunci mereka di perpustakaan agar tidak kabur. Dan Bu Rita lupa untuk membuka pintu perpustakaan. Cerpen ini disisipi kisah Lala dan Wulang yang menyembunyikan kotak ajaib penyelamat dunia di pekarangan Kakek Lian. Kira-kira apa hubungan Lala, Wulang dengan Dinda dan Salsa?

Baby Blues (Catz Link Tristan)
Kania dan Tedy akhirnya dikarunia anak setelah lima tahun pernikahan mereka. Diperkirakan anak mereka akan lahir beberapa minggu menjelang kiamat 21 Desember 2012. Kania yang sedikit percaya akan datangnya kiamat tersebut akhirnya membuat video-video yang berisi pesan dan kegiatanya sebelum melahirkan anak pertamanya. Yang nantinya video itu akan diberikan kepada anaknya.

Mianhae (Delia Angela)
Beberapa hari menjelang kiamat 21 Desember 2012, Hyo Rin menyesal kalau dulu ia telah mencampakan Joo Won dan lebih memilih kariernya yang sedang di atas angin. Hyo Rin berniat meminta maaf pada Joo Won. Sayangnya kini Joo Won telah menjadi artis juga. Terlebih lagi  Joo Won pernah menolong Hyo Rin di lokasi syuting membuat sebagian fans Joo won menjadi benci dengan Hyo Rin. Berhasilkah Hyo Rin memberanikan diri meminta maaf kepada Joo Won?

Until The End Of Time (Glenn Alexei)
Vania yang keinginanya selalu di turuti merasa sakit hati setalah cintanya di tolak Daniel. Akhirnya Vania membalas sakit hati itu dengan datang ke dukun untuk membuat Daniel mati. Ternyata syarat yang diajukan si dukun cukup berat, untuk membuat seseoarang yang di cintainya mati, Vania harus rela membunuh perasaan cintanya terhadap Daniel kalau tidak mantranya akan berbalik membunuh Vania.

21.12.2012 (Eva Sri Rahayu)
Aku telah diberi kesempatan kedua, tapi tetap menyia-nyiakanya. Sungguh tolol! Mungkin ini malam terakhirku juga di dunia ini.
Rasi mengalami timeslip ke sepuluh tahun yang lalu bersamaan dengan jatuhnya meteor ke bumi saat kiamat. Dengam timeslip itu sebenarnya ia diberikan kesempatan kedua untuk bertemu Rezky, orang yang ia cintai sejak SMA hingga sampai kiamat tanggal 21 desember 2012 datang.

Selamanya (Alexander Blue)
Seorang Kakek hanya tinggal bersama dengan makhluk yang ia anggap cucunya, Smile. Kakek yang percaya hal-hal mistis pun percaya dengan datangnya kiamat pada tanggal 21 desember 2012. Kakek sudah sering mendatangi orang pintar agar pada saat itu datang ia bisa selamat namun ia lebih sering ditipu. Hingga suatu saat datanglah  Mister Q ketua kelompok salvation indonesia yang mengaku dapat menyelamatkanya dari kiamat, Mister Q pun mengaku saat ramalan kiamat yang diramalkan akan terjadi tanggal 9 september 1999. Ialah orang yang menangkal kiamat itu datang. Tapi dengan syarat ia harus menyerahkan uang yang ia dapat dari agen rahasia untuk di serahkan pada badan amal yang bernaung di bawah Salvation serta mengkurbankan cucu yang ia sayang untuk menjadi kurban di acara ritual itu.

The Angel of Drakness (Loryta Chai)
Citra memiliki kemampuan melihat sesuatu yang akan terjadi. Saat bermain biola ia mendapat penglihatan seorang cewek yang sudah terbujur kaku bersimbah darah dengan pergelangan tangan kiri tersayat-sayat. Citra semakin khawatir dengam penglihatan tersebut setelah mendengar banyak murid di sekolahnya yang menghilang dan hilangnya murid-murid itu diduga berkaitan dengan Broadcast Message BlackBerry yang di forward ke seluruh murid. Broadcast Message tersebut disebarkan oleh seseorang yang tidak dikenal dengan ID Malaikat Kegelapan. Isinya adalah malaikat kegelapan mengaku utusan Tuhan yang akan menyelamatkan dunia dari kiamat 21 Desember 2012 dan mengajak untuk segera bergabung dan mengorbankan diri.

Penglihatan Pinus (Dadan Erlangga)
Pinus Sanjaya sering mendapat penglihatan, mulai dari penglihatan sepele hingga bencana besar yang akan datang. Pinus siswa kelas lima SD yang awalnya pendiam dan penutup ini akhirnya berubah menjadi lebjh sering tersenyum dan bergaul dengan teman-temanya setelah datang Ibu Guru  dari kota. Ibu Guru ini percaya dengan penglihatan Pinus setelah beberapa kali ia membuktikan dan ternyata benar.

Rahasia Gudang Annate (Erlin Cahyadi)
Annate mulai risih dan terganggu dengan bunyi gedebuk barang jatuh dan langkah kaki seseorang dari gudang yang terletak di lantai atas. Beberapa kali ia sudah mengecek denga pembantunya tetapi keadaan gudang terlihat tidak tampak seperti habis di datangi orang. Saat teman-teman di sekolahnya menulis daftar hal yang ingin di lakukan sebelum kiamat, akhirnya Annate juga ikut-ikutan dan memprioritaskan untuk mengecek gudang itu langsung ketika suara gedebuk terdengar tanpa mempedulikan rasa takutnya.

Surat Terakhir (Teresa Bertha)
Hugo yang sudah tinggal lama di panti asuhan akhirnya kelur juga dari sana. Ia begitu membenci panti asuhan yang kumuh  serta membenci tanpa alasan dengan ibu kepala panti asuhan. Hingga setelah ia sukses, ibunya datang kembali ke panti asuhan.

-----------OO------------
Kisah dalam kumpulan cerpen ini cukup menghibur saya. Walau tidak seluruh cerpen di novel ini saya menyukainya semua. Ada beberapa cerpen yang hanya biasa saja tidak menyentuh dan  ada cerpen yang benar-benar saya sukai.

Cerpen yang mampu membuat saya terkesan adalah cerpen karya  Teresa Bertha yang berjudul Surat Terakhir. Sedangkan cerpen favorit saya yang ada di novel ini adalah
Prasangka, 21.12.2012, Until The End of Time, Penglihatan pinus dan peramal kopi.

Sedangkan cerpen yang ingin di buat novel adalah keinginan terakhir karya Lexie Xu. Karena cerpen tersebut menurut saya terasa kurang panjang ceritanya, mengingat cerpen tersebut bergenre misteri thriller pasti akan lebih seru bila dibuat novel. Akhir kata selamat membaca :)


View all my reviews






0 komentar:

Posting Komentar

 

KHAIRUNISA'S BLOG Template by Ipietoon Cute Blog Design