Selasa, 19 Maret 2013

Review Drama Korea: ANSWER ME 1997, Kembali bernostalgia ke masa remaja



Revised romanization: Eungdabhara 1997
Hangul: 응답하라 1997
Director: Shin Won Ho
Writer: Lee Woo Jung, Lee Sun Hye, Kim Ran Joo
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: July 24 - September 18, 2012
Runtime: Tuesdays. 23:00
Language: Korean
Country: South Korea



Main Cast
Pertemuan Reuni 2012

Sung Shi Won(33) menghadiri pertemuan alumni SMAnya di tahun 2012 di Seoul. Kembalilah kenangan  tahun 1997 saat masa-masa SMAnya di Busan bersama teman-teman dekatnya Yoon Jae, Yoo Jung, Joon Hee, Sung Jae dan Hak Chan.
                “Meskipun aku berumur 33 tahun, kenangan-kenanganku di tahun 90-an, terlalu menyenangkan bagiku untuk mengeluh karena bertambah tua.  Jika tubuhku tidak bisa kembali ke masa-masa itu, aku akan mencoba membuat rohku yang kembali. Aku akan kembali ke tahun 90-an.”
 -Sung Shi Won-
Piknik sekolah 1997

                Drama ini penuh dengan unsur-unsur remaja . Seperti mengidolakan artis hingga berlebihan. hal itu juga  terjadi pada Shi won, dia mengidolakan boyband generasi pertama, H.O.T . melakukan hal-hal layaknya seorang fans seperti tidak pernah ketinggalan menonton acara tv yang bintang tamunya adalah idolanya, rela bolos sekolah demi nonton konser idolanya, bahkan pernah melakukan  hal-hal ektreme seperti datang kerumah Tony (member H.O.T) yang terletak di Seoul   \demi melihat wajah sang idola, menulis sebuah surat untuk Tony dengan darahnya sendiri.
                Nah... selain hal diatas, drama yang beralur maju mundur ini memiliki teka-teki yang harus dipecahkan penonton. Justru hal inilah yang menarik dan membuat saya terus menonton drama ini sampai akhir.
Siapakah suami Sung Shi won?
Dalam drama ini shi won itu deket sama beberapa cowok yang nanti salah satunya akan menjadi suaminya. Selain mencari teka-teki siapa suami Shi won, diantara mereka berlima (shi won, yoo jung, hak chan, yoon jae, dan joon he) ada yang menjadi couple dan akan mengumumkan pernikahan mereka saat reuni.

                Selain membahas mengenai masa remaja  dan percintaan drama ini juga memasukan unsur persahabatan dan kekeluargaan yang hangat. Bagaimana Yoon Jae yang seorang yatim piatu dekat dengan keluarga Sung Shi won, bahkan meraka menganggap Yoon Jae sebagai anak laki-laki mereka. Episode yang membuat saya tersentuh adalah episode 5-6 (Judulnya: serangan dalam hidup) saat ayah Shi won divonis menderita kanker dan apa yang dilakukan ibu Shi Won unuk menguatkan hati suaminya benar-benar membuat saya tersentuh. Ini beberapa kutipan dari episode 5-6:
                “Kita tak tahu akan menjadi seperti apa hidup ini. Tak ada cara untuk menghindar darinya. Kita hanya menghadapinya dan terluka sekali-kali.”
                “Tapi hidup terkadang mengagetkan kita dengan hal-hal yang tak terduga dan memberikan kita kebahagian saat kita berhasil melawatinya.”
                “Kita tak pernah tahu akan menjadi seperti apa hidup ini. Jadi kita menggunakan seluruh indra kita untu bertahan.”
                “satu-satunya hal yang bisa kita lakukan untuk orang yang kita cintai adalah menyerahkan diri kita. Cinta membuatmu melakukan hal yang tak kan kau lakukan.”

 Karakter pemeran utama:
                Sung Shi won

Diperankan oleh Eunji Apink, dan drama ini merupakan debut pertamanya sebagai aktris. Bekerja sebagai screenwriter. Bakat sebagai penulis skenario berawal dari seringnya ia menulis fanfiction tentang H.O.T. Ia digambarkan sebagai cewek yang bersuara tinggi dengan dialek khas busan, kadang-kadang Shi Won ini juga suka ngomong kasar dan berbicara terus terang.



    

      Yoon Yoon Jae

Bekerja sebagai hakim di pengadilan pusat seoul. Orang yang selalu disamping Shi won sejak lahir.  pintar, Terkenal chic tapi kasar dan tak berperasaan Ia populer di sekolah dan hampir semua cewek disekolahnya menyukai yoon jae. Shi won merupakan cinta pertamanya, dan mulai menyukai Shi won semenjak mereka berdua beranjak remaja. Yoon Jae tidak mau bertemu dengan Shi won setelah mereka pindah ke Seoul  untuk meneruskan kuliah, pengin tahu kenapa? Nonton dramanya,haha.

     Mo  Yoo Jung

Sahabat perempuan Shi won dari SMP yang selalu care sama shi won. Yoo jung ini pernah menyukai Yoon Jae. Ia juga terkenal karena keimutanya. Yoo Jung adalah tipe orang yang mudah jatuh cinta dan terlalu sering mengganti tokoh idolanya. Yoo jung pernah bertengkar dengan Shi won karena suatu hal dan ia melakukan hal yang ekstrem agar Shi won memaafkanya.

   Kang Joon He

Diperankan oleh Hoya dari BB Infinite. Peranya di drama ini merupakan debutnya sebagai aktor. Ia bekerja sebagai ahli bedah. Kang Joon He mempunyai sifat lembut, baik, ramah serta perhatian tidak seperti tipikal cowok Busan biasanya. Tapi dibalik sifatnya yang serba baik ia menyimpan sebuah rahasia besar tentang dirinya.

Bang Sung Jae

Sung Jae ini banyak bicara, cerewetnya minta ampun deh,haha. Dia itu orang yang tahu segalanya, sayangnya untuk pelajaran sekolah dia gak tahu apa-apa,haha.  Dia  punya bakat menebak lagu yang bakal populer.

   Do Hak Chan

Diperankan oleh Eun Ji won, merupakan mantan lead Sechkies yang sekarang sudah bubar.  Sechkies merupakan boyband yang terkenal di era 90an dan merupukan rival H.O.T.
Hak chan adalah siswa pindahan dari Seoul, ia jago olahraga, masternya video dewasa serta majalah dewasa. Walau ia sering menonton video dewasa tapi bila mengahadapi  atau berkomunikasi langsung dengan wanita ia menjadi pemalu dan gagap.



Komentar saya:
Saya agak menyesal tidak mengikuti drama ini ketika sedang airing, karena ketika drama ini tayang saya sedang tergila-gila dengan drama gaksital dan arang and the magistrate(cmiiw), kalo gak salah sih saya sudah lupa, hehe. Nah karena drama korea yang tayang akhir-akhir ini dewasa semua gak ada yang bertema remaja sekolah, akhirnya saya menyempatkan nonton drama ini. Refreshing sejenak dari tegangnya nonton That winter The wind Blows, ohiya untuk drama 7th grade civil servant saya juga ngikutin tapi jujur kurang suka sama pemeran utama ceweknya karena terlalu tua untuk untuk dipasangkan dengan joo won.

Kembali ke drama answer me 1997, setelah saya menonton drama ini....bener-bener DAEBAK deh! Penulis skenarionya bisa membuat kita ikut hanyut dalam cerita drama ini. Karena cerita ini merupakan flashback-flashback dimulai dari masa SMA Shi Won dengan teman-temanya hingga melompat ke lima belas tahun kemudian dimana mereka sudah dewasa, sudah menikah, sudah bekerja dsb. Hal itu membuat kita benar-benar mengenal tokoh-tokohnya secara mendalam. Terlebih lagi dengan kejutan-kejutan yang dibuat dalam drama ini semakin menambah saya menyukai drama ini. Walau setiap orang memiliki masa lalu yang berbeda-beda tapi drama ini sanggup membuat kita bernostalgia dengan masa lalu kita masing-masing. Setiap saya selasai nonton drama ini jadi membayangkan bagaimana besok saya lima belas tahun lagi, sudah bekerja, menikah dan repot ngurus anak, pasti gak sempat nonton drama korea lagi nih, haha:D

Yang menarik lagi drama ini bener-bener mendetil dalam penggunaan properti yang sedang ngetren di tahun 1997, contohnya tamagotchi, komputer jadul,  pager/beeper, clam shell/ cell phone(telepon yang mudah dibawa kemana-mana layaknya HP sekarang tetapi kita tidak dapat mengetahui siapa yang menelpon kita.) dan pernak-pernik lainnya yang ditahun 1997 sedang ngetren di korea.
Untu casting pemain menurutku juga tidak mengecewakan, Eunji yang baru pertamakali bermain drama dapat memerankan karakter Sung Shi Won dengan baik dan bisa membangun chemistry  yang cocok dengan Seo In Guk, pantes saja pasangan ini bahkan sampai menyabet Best Couple 2012!!!

Akhir kata, drama ini recommended untuk ditonton malah wajib dan harus untuk ditonton bagi kamu yang suka bernostalgia dengan kenangan-kenangan lama dan bagi kamu yang pecinta drama korea,haha.
Selamat menonton:))

NB: Ati-ati ya kalo udah selesai nonton drama ini, susah move on deh! Bawaanya pengen nonton ulang! Udah kebukti, hampir semua yang udah nonton answer me sampai selesai pasti commentya belum bisa move on dari drama ini, saya pun juga begitu, tak tonton-tontong ulang bagian yang romantis antara Yoon Jae sama Shiwon dan gak pernah bosen!

download soundtrack Answer Me 1997

0 komentar:

Posting Komentar

 

KHAIRUNISA'S BLOG Template by Ipietoon Cute Blog Design