Sabtu, 22 Desember 2012

Review Novel: "Gadis Jeruk"


Gadis Jeruk: Sebuah Dongeng Tentang Kehidupan by Jostein Gaarder
My rating: 4 of 5 stars

JUDUL : Gadis Jeruk
PENULIS : Jostein Gaarder
PENERBIT : Mizan
TAHUN TERBIT : Cetakan ll, Oktober 2011
JUMLAH HALAMAN :  252
HARGA :  Rp. 42.000
ISBN :  978-979-433-623-6




Georg Roed pada usianya yang ke- 15 tahun mendapat surat dari ayahnya yang meninggal sebelas tahun yang lalu. Melalui surat yang ditulis ayah Georg sebelum wafat, ayahnya berkisah tentang masa mudanya yang bertemu dengan gadis misterius yang membawa sekantong besar jeruk. Ayahnya Georg jatuh cinta dengan si gadis jeruk ia mulai mencari tahu jati diri si gadis jeruk melalui beberapa diagnosis dan menduga-duga tempat yang mungkin didatangi si gadis jeruk sehingga ia bisa bertemu lagi. Ayah Georg, Jan Olav juga menyebutkan teleskop ruang angkasa hubble, dan apakah hubunganya dengan gadis jeruk untuk lebih lanjutnya silahkan baca novelnya

Buku ini merupakan buku kedua Gaarder yang saya baca setelah perpustakann ajaib bibbi bokken. Caranya mebawa kita ke makna yang akan ia sampaikan sungguh apik, sampai pada makna yang akan ia sampaikan bahwa hal sekecilpun dapat berpengaruh terhadap hidup kita dan. Dan beberapa kalimat menarik yang dapat anda intrepretasikan sendiri seperti:

“Akankah aku memilih untuk hidup di bumi setelah mengetahui dengan pasti bahwa aku akan tiba-tiba dicabut dari sana, dan barangkali di tengah-tengah kebahagiaan yang memabukkan? Atau, akankah aku, bahkan pada tahap yang paling awal, dengan hormat menolak untuk ikut dalam permainan ini?”


“Jika aku telah memilih untuk tidak akan pernah menapakkan kaki di dalam dongeng besar ini, aku tidak akan pernah tahu apa yang akaan kudapatkan. Kamu mengerti apa yang kumaksud? Kadang-kadang lebih terasa menyakitkan bagi manusia untuk kehilangan sesuatu yang disayanginnya daripada tak pernah memilikinya sama sekali. “



Seperti halnya buku Gaarder yang lain, dibuku ini kita juga akan mendapat pengetahuan baru kalau di novel perpustakaan ajaib bibbi bokken setelah membacanya kita akan sedikit tahu tentang dunia perpustakaan, sedangkan dinovel ini Gaarder mencoba menginformasikan kita tentang alam semesta dan teleskop ruang angkasa hubble.


View all my reviews

6 komentar:

  1. wahhh, kayaknya penikmat novel banget nih, soalnya isisnya review novel semua, bahkan ada mbak dee penulis terkenal itu...

    salam kenal ya, salam kawancut, berhasil jadi member ke 37 nih

    BalasHapus
  2. setting tempatnya dimana sih ini? belanda? atau dimana? *tetarik* ufufuffu

    BalasHapus
  3. hmmm gadis jeruk kalo ketemu gadis korek api, gimana ya. Mungkin mereka bisa masak jeruk.

    Tapi kayaknya asik nih novelnya.udah tersebar dimana aja nih?


    BalasHapus
  4. Aku pengen baca nih bukunya, kira kira bisa dipesen dimana yah :)

    BalasHapus
  5. @sabdaawal: salam kenal juga, trims sudah mampir:)
    @kaksuci: Norwegia kak:)
    @gayuh: haha,mksh sudh mampir:)
    @catataharian: di gramed ada kok:)

    BalasHapus
  6. hay... buku ini masih ada nggak
    sih d gramedia sekarang?

    BalasHapus

 

KHAIRUNISA'S BLOG Template by Ipietoon Cute Blog Design